Beranda

Minggu, 02 Juni 2013

RPP SMA SK 3 KD 3.6




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SMA/MA
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas / Semester         : X (Sepuluh) / Ganjil
Alokasi Waktu            : 1x 20 Menit

A.     Standar Kompetensi   :

3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dan pertidaksamaan satu variabel.

B.     Kompetensi Dasar      :
3.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya.
 C.    Indikator                    :
 Menyelesaikan model matematika dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel.   Ø  Karakter siswa yang diharapkan :  
Rasa ingin tahu,mandiri,kreatif,kerja keras,dan bertanggung jawab.
D.    Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menyelesaikan model matematikanya dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel. 
E.     Materi Ajar
Pertidaksamaan linear satu variabel adalah pertidaksamaan yang memuat satu variabel dan pangkat terbesarnya adalah satu.
Pertidaksamaan linear satu variabel menggunakan tanda/notasi “ <, >, ≤, dan ≥ “
Keterangan:                                               
·         < kurang dari
·         > lebih dari
·         kurang dari sama dengan
·         lebih dari sama dengan
Jika dalam suatu masalah memuat kata-kata seperti kurang dari ( < ),lebih dari ( > ), kurang dari sama dengan ( ≤ ) atau lebih dari sama dengan ( ≥ ), maka masalah tersebut berkaitan dengan model matematikanya yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variable. 
·         Masalah tersebut dipecahkan melalui langkah :
Ø  Memahami masalah.
Ø  Membuat model matematika ke dalam bentuk pertidaksamaan.
Ø  Menyelesaikan pertidaksamaan .
Ø  Menafsirkan/Menyimpulkan Penyelesaian Masalah .
Contoh :
·         Jumlah dua buah bilangan asli kurang dari 20. Jika bilangan pertama sama dengan 16. Tentukan batas-batas bilangan yang kedua.
            Jawab :
Ø  Langkah 1 : Memahami masalah.
Bilangan pertama diketahui sama dengan 16, bilangan kedua dimisalkan sama dengan x
Ø  Langkah 2 : Membuat model matematika ke dalam bentuk pertidaksamaan.
Berdasarkan ketentuan dalam soal, maka diperoleh pertidaksamaan 16 + x < 20
Ø  Langkah 3 : Menyelesaikan pertidaksamaan .
Penyelesaian dari model matematika 16 + x < 20 ditentukan sebagai berikut
                                16 + x < 20
                                      x < 20-16
                                      x < 4
Ø  Langkah 4 : Menafsirkan/Menyimpulkan penyelesaian masalah .
Jadi ,bilangan  kedua terletak dalam batas
                                      x < 4
D.       Strategi Pembelajaran
Ø  Metode Pembelajaran
              Ceramah, Tanya jawab, diskusi kelompok.
Ø  Model Pembelajaran
             Kooperatif Learning 


Langkah – langkah pembelajaran kooperatif
Fase / Langkah
Kegiatan Guru
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar.
Fase 2
Menyajikan informasi
Guru menyajikan informasi kepada siswa baik dengan peragaan (demonstrasi) atau teks.
Fase 3
Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar
Guru menjelaskan siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan perubahan yang efesien.
Fase 4
Membantu kerja kelompok dalam belajar
Guru membimbing kelompok – kelompok belajar pada saat mengerjakan tugas.
Fase 5
Mengetes materi
Guru mengetes materi pelajaran atau kelompok menyajikan hasil-hasil pekerjaan mereka
Fase 6
Memberi penghargaan
Guru memberikan cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok

D.     Kegiatan Pembelajaran
Ø  Pendahuluan
Apersepsi :
ü  Siswa diajak kembali untuk mengingat sedikit tentang materi pada pertemuan sebelumnya.
Motivasi :
ü  Apabila materi ini dikuasai dengan baik,maka siswa diharapkan dapat membuat model matematikanya,menyelesaikan modelnya,dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut.
 Ø  Kegiatan Inti
Ekplorasi :
ü  Guru mengelompokkan siswa yang beranggotakan 3-5 orang dalam satu kelompok.Kemudian guru memberikan lembar LKS pada setiap kelompok siswa.
ü  Siswa secara berkelompok menyelesaikan soal-soal pada LKS.
ü  Guru membantu peserta didik dalam proses pembelajaran.
Elaborasi :
ü  Salah satu siswa mewakili kelompoknya untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
ü  Guru bersama dengan siswa mengoreksi hasil diskusi yang dikerjakan.
ü  Guru memberikan apersepsi atas pekerjaan siswa.
Konfirmasi :
ü  Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang materi tersebut apabila ada yang belum dipahami.
Ø  Kegiatan Akhir
ü  Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan pelajaran pada pertemuan hari ini.
ü  Guru memberi PR.
ü  Guru menutup pelajaran dengan salam.
D.     Sumber dan Media Pembelajaran
·         Buku Matematika untuk SMA kelas X karangan Sartono Wirodikromo, dan buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih.
·         LKS,Spidol,White Board
E.     Penilaian
Ø  Teknik                             : Tugas kelompok,ulangan harian
Ø  Instrumen Penilaian          : Lembar Kerja Siswa ( Terlampir )


                                                                                                Yogyakarta,22 Mei 2013
Mengetahui,                                                                           Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah


______________                                                                    _________________
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.