RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / Ganjil
Alokasi Waktu : 1x 20 Menit
A.
Standar Kompetensi :
3. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dan pertidaksamaan satu
variabel.
B.
Kompetensi Dasar :
3.6 Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu
variabel dan penafsirannya.
C.
Indikator :
Menyelesaikan
model matematika dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan pertidaksamaan satu variabel. Ø Karakter siswa yang diharapkan :
Rasa ingin tahu,mandiri,kreatif,kerja keras,dan bertanggung jawab.
D. Tujuan
Pembelajaran :
Siswa dapat
menyelesaikan model matematikanya dan menafsirkan
hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel.
E.
Materi Ajar
Pertidaksamaan
linear satu variabel adalah pertidaksamaan yang memuat satu variabel dan
pangkat terbesarnya adalah satu.
Pertidaksamaan
linear satu variabel menggunakan tanda/notasi
“ <, >, ≤, dan ≥ “
Keterangan:
·
< kurang dari
·
> lebih dari
·
≤ kurang dari sama dengan
·
≥ lebih dari sama dengan
Jika dalam suatu masalah memuat kata-kata seperti kurang dari ( < ),lebih dari ( > ), kurang dari
sama dengan ( ≤ ) atau lebih dari sama dengan ( ≥ ), maka masalah tersebut berkaitan dengan model matematikanya yang berkaitan
dengan pertidaksamaan satu variable.
·
Masalah
tersebut dipecahkan melalui langkah :
Ø Memahami
masalah.
Ø Membuat model matematika ke dalam bentuk pertidaksamaan.
Ø
Menyelesaikan pertidaksamaan .
Ø
Menafsirkan/Menyimpulkan Penyelesaian Masalah .
Contoh :
·
Jumlah dua
buah bilangan asli kurang dari 20. Jika bilangan pertama sama dengan 16. Tentukan
batas-batas bilangan yang kedua.
Jawab :
Ø Langkah 1 : Memahami masalah.
Bilangan pertama diketahui sama dengan 16, bilangan kedua dimisalkan sama dengan x
Ø Langkah 2 : Membuat model matematika ke dalam bentuk pertidaksamaan.
Berdasarkan ketentuan dalam soal, maka diperoleh pertidaksamaan 16 + x < 20
Ø
Langkah 3 : Menyelesaikan pertidaksamaan .
Penyelesaian dari model matematika 16 + x < 20 ditentukan sebagai berikut
16 + x < 20
x < 20-16
x < 4
Ø
Langkah 4 : Menafsirkan/Menyimpulkan penyelesaian
masalah
.
Jadi ,bilangan kedua terletak dalam
batas
x < 4
D.
Strategi
Pembelajaran
Ø Metode
Pembelajaran
Ceramah,
Tanya jawab, diskusi kelompok.
Ø Model Pembelajaran
Kooperatif Learning
Langkah – langkah pembelajaran kooperatif
Fase / Langkah
|
Kegiatan Guru
|
Fase 1
Menyampaikan
tujuan dan memotivasi siswa
|
Guru
menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran
tersebut dan memotivasi siswa belajar.
|
Fase 2
Menyajikan
informasi
|
Guru
menyajikan informasi kepada siswa baik dengan peragaan (demonstrasi) atau
teks.
|
Fase 3
Mengorganisasikan
siswa kedalam kelompok-kelompok belajar
|
Guru
menjelaskan siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu
setiap kelompok agar melakukan perubahan yang efesien.
|
Fase 4
Membantu
kerja kelompok dalam belajar
|
Guru
membimbing kelompok – kelompok belajar pada saat mengerjakan tugas.
|
Fase 5
Mengetes
materi
|
Guru
mengetes materi pelajaran atau kelompok menyajikan hasil-hasil pekerjaan
mereka
|
Fase 6
Memberi
penghargaan
|
Guru memberikan
cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan
kelompok
|
D.
Kegiatan Pembelajaran
Ø Pendahuluan
Apersepsi :
ü Siswa diajak
kembali untuk mengingat sedikit tentang materi pada pertemuan sebelumnya.
Motivasi :
ü Apabila
materi ini dikuasai dengan baik,maka siswa diharapkan dapat membuat model
matematikanya,menyelesaikan modelnya,dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah
tersebut.
Ø Kegiatan Inti
Ekplorasi :
ü Guru
mengelompokkan siswa yang beranggotakan 3-5 orang dalam satu kelompok.Kemudian
guru memberikan lembar LKS pada setiap kelompok siswa.
ü Siswa secara
berkelompok menyelesaikan soal-soal pada LKS.
ü Guru
membantu peserta didik dalam proses pembelajaran.
Elaborasi :
ü Salah satu
siswa mewakili kelompoknya untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
ü Guru bersama
dengan siswa mengoreksi hasil diskusi yang dikerjakan.
ü Guru
memberikan apersepsi atas pekerjaan siswa.
Konfirmasi :
ü Guru
memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang materi tersebut apabila
ada yang belum dipahami.
Ø Kegiatan Akhir
ü Guru
membimbing siswa untuk membuat kesimpulan pelajaran pada pertemuan hari ini.
ü Guru memberi
PR.
ü Guru menutup
pelajaran dengan salam.
D.
Sumber dan Media Pembelajaran
·
Buku
Matematika untuk SMA kelas X karangan Sartono Wirodikromo, dan buku Matematika
SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih.
·
LKS,Spidol,White Board
E.
Penilaian
Ø Teknik : Tugas kelompok,ulangan harian
Ø Instrumen
Penilaian : Lembar Kerja Siswa ( Terlampir )
Yogyakarta,22 Mei 2013
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
______________
_________________
NIP/NIK. NIP/NIK.